Edisi Curhat



Oleh: Dian Fitrah Ardita R. 18.57, 24 Februari 2017
 
Dik, tahu kah kamu.. kamu bersama kawan-kawanmu serta kakak-kakakmu bersama kawannya adalah pejuang dalam memajukan Indonesia?
Dik, sadarkah kamu.. kamu bersama kawan-kawanmu memiliki beban berat di atas pundakmu dalam mempertahankan hal baik yang dimiliki oleh Indonesia?
Dik.. Indonesia terkenal dengan negaranya yang kaya akan sumber daya alam.. Tapi apalah arti kekayaan itu jika kalian masyarakatnya tidak dapat memanfaatkan kekayaan itu untuk kepentingan kemakmuran seluruh penduduk Indonesia.
Dik.. Indonesia terkenal dengan keberagaman suku, bahasa dan agamanya yang dapat disatukan dalam satu kesatuan dengan dasar Bhinneka Tunggal Ika.. Tapi apalah arti Bhinneka Tunggal Ika itu jika kalian masyarakatnya tidak lagi memaknai dengan baik pentingnya rasa persaudaraan tanpa harus memandang perbedaan suku, bahasa dan agama.
Dik.. Indonesia terkenal dengan keramahannya dalam berkomunikasi dan bersosialisasi dengan orang lain.. Tapi apalah arti keramahan itu jika kalian masyarakatnya memanfaatkan pandangan tersebut untuk melakukan penipuan terhadap orang lain.
Dik, ingatkah kamu Indonesia dulu? Mengingat tentang bagaimana perjuangan para pahlawan mengibarkan Sang Saka Merah Putih dengan melalui berbagai ancaman, adu tembak bahkan menjadikan nyawa sebagai taruhan?
Dik, ingatkah kamu Indonesia dulu? Mengingat tentang bagaiamana para pejuang dari Sabang sampai Merauke berusaha mengusir penjajah dan berupaya menghilangkan penjajahan di tanah Indonesia tercinta?
Dik, ingatkah kamu Indonesia dulu? Mengingat tentang bagaimana pengorbanan para pemuda menuangkan pandangannya tentang Indonesia dalam sebuah sumpah, sumpah yang kita kenal dengan sumpah pemuda?
Dik, ingatkah kamu Indonesia dulu? Mengingat tentang perjalanan panjang para pejuang kemerdekaan untuk mewujudkan Indonesia merdeka yang ditandai dengan terlaksananya proklamasi kemerdekaan Indonesia yang tentu saja mengorbankan banyak hal?
Dik, sadarkah kamu.. kamu dan kawan-kawanmu serta kakak-kakakmu bersama kawannya memiliki hutang banyak terhadap para pahlawan demi kemajuan dan ketahanan bangsa Indonesia?
Lihatlah Indonesia kini.. Sering terjadi perseteruan antar pejabat pemerintah. Sering terjadi perseteruan antar kelompok masyarakat.
Dik, janganlah kamu melangkah dalam lingkup perseteruan tersebut jika hanya menjadi pemanas dalam sebuah perdebatan. Namun, melangkahlah sebagai pereda dalam kejadian yang menimpa Indonesia kini.
Dik, ada tanggungjawab besar yang kamu genggam. Kamu perlu melangkah dengan baik dan benar untuk Indonesia lebih baik dan sehat kedepannya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Laporan Kimia Dasar Lanjut, Standarisasi Larutan NaOH 0,1 N dan Penentuan Kadar Asam Cuka

Laporan Kimia Dasar Lanjut, Pembuatan dan Sifat Koloid

Laporan Kimia Dasar Lanjut, Reaksi Reduksi Oksidasi